Flashdisk Custom Untuk Software Developer

windows-7-USB-installer

Saya memiliki perusahaan yang bergerak di bidang software development dan sudah berjalan sejak tahun 2004. Aplikasi yang kami buat saat itu baru ditujukan untuk operating system Windows. Ukuran installernya sekitar 40MB. Ukuran tersebut cukup untuk kita kirim menggunakan CD-ROM atau download dari web.

Namun ada kalanya user kami itu tidak memiliki koneksi internet yang memadai sehingga proses instalasi harus dilakukan secara offline. Solusinya bisa menggunakan CD-ROM yang kami kirim. Ternyata, saat ini tidak semua komputer khususnya laptop dilengkapi CD-ROM Drive. Sehingga jalan keluarnya adalah menggunakan flashdisk.

Problem lainnya dengan menggunakan CD-ROM: pada saat dibutuhkan, sudah hilang. Entah karena lupa disimpan di mana, atau dipinjam orang lain. Pada umumnya orang tidak lagi menyimpan CD-ROM.

Perkenalkan: Flashdisk Custom Untuk Software Developer

Windows-8-Bootable-USB-Flash-Drive

Untuk mempermudah user dalam melakukan instalasi, akhirnya kami putuskan untuk membuat flashdisk custom yang berisi software yang kami buat. Flashdisk tersebut dapat kita lengkapi dengan berbagai fitur yaitu:

Autorun

Pada saat flashdisk ditancapkan ke komputer dan sudah terdeteksi oleh sistem, maka Windows akan menjalankan aplikasi yang kita buat atau installernya secara otomatis.

Read-Only Partition

CD-ROM menjadi tempat yang aman bagi installer karena dia hanya bisa dibaca (read-only). Bahkan ketika anda menggunakan media CD-RW sekalipun, proses menulis ke CD hanya dimungkinkan dengan cara “pembakaran”, burning.

Berbeda dengan flashdisk yang pada umumnya dapat dibaca dan ditulis. Namun, teknologi kami memungkinkan untuk membuat partisi read-only untuk menyimpan file-file installer ke dalamnya. Sehingga isinya tidak dapat dihapus. Anda tidak perlu khawatir installer yang dikirim ke user terinfeksi virus atau dicrack.

Jika flashdisk ini ditancapkan ke komputer, maka akan muncul 2 partisi yaitu partisi read-only dan partisi yang dapat menyimpan file-file lainnya.

Bootable

Dengan bantuan software khusus, kita juga bisa membuat flashdisk bootable untuk melakukan instalasi operating system Windows, Linux, FreeBSD dan lain sebagainya. Ini sudah kami lakukan dengan membuat flashdisk installer Ubuntu dan FreeBSD.

Dari pada harus mendownload file ISO yang ukurannya di atas 1GB, lebih baik menggunakan flashdisk ini karena hemat waktu dan hemat bandwidth. Hanya keluar biaya di awal untuk mendapatkan flashdisknya.

Dongle/Proteksi Lisensi

Selain berfungsi sebagai penyimpanan data, ternyata flashdisk juga dapat digunakan sebagai dongle untuk memproteksi lisensi software Anda. VID pada flashdisk dapat digunakan sebagai nomor lisensi. Prinsip kerjanya sama dengan mengambil HW ID dari hardisk atau mengambil nomor MAC address.

Jadi selain digunakan sebagai dongle, bisa digunakan untuk memperkuat brand software Anda juga.

usb-flashdrive-ubuntu

Penutup

Banyak aplikasi yang menggunakan flashdisk dan sangat dibutuhkan orang yaitu operating system (Windows, Linux, FreeBSD), Driver Pack, PortableApps, dan masih banyak lagi.

Anda tertarik menggunakan flashdisk sebagai media distribusi aplikasi Anda? Hubungi kami ya 🙂

Incoming search terms: