5 Komponen Utama USB Flash Disk

5 Komponen Utama USB Flash Disk

5 Komponen Utama USB Flash Disk

USB Flash Disk yang kita gunakan sehari-hari bisa berbentuk atau memiliki model apa saja. Ada yang casingnya dari plastik, karet, PVC, alumunium, kulit dan lain-lain. Namun komponen utama yang digunakan pasti sama, hanya berbeda bentuk dan vendor. Berikut adalah 5 Komponen Utama USB Flash Disk yang patut Anda ketahui beserta fungsinya.

5 Komponen Utama USB Flash Disk

5 Komponen Utama USB Flash Disk

1. Konektor

Konektor USB berfungsi untuk menghubungkan USB Flash Disk dengan komputer melalui sebuah port USB atau USB Hub. Karena posisi konektor di luar dan sering bersentuhan dengan komputer, maka konektor USB sering mengalami kerusakan seperti karat, patah dan kotor.

2. Board

Board atau lebih tepat disebut Printed Circuit Board (PCB) berfungsi sebagai tempat seluruh komponen elektronik USB Flash Disk dipasang. Ukuran board yang makin kecil memungkinkan ukuran USB Flash Disk menjadi semakin kecil.

3. Osilator Kristal

Osilator Kristal berfungsi untuk menghasilkan clock (denyut listrik) dengan frekuensi 12Mhz. Semua komponen elektronik digital membutuhkan clock generator seperti osilator kristal supaya bisa bekerja dengan perangkat lainnya. Clock yang dihasilkan oleh osilator kristal juga digunakan oleh USB Flash Disk untuk kirim dan terima data ke komputer.

4. Kontroler (USB Mass Storage Controller)

Kontroler ini pada dasarnya sebuah mikrokontroller yang memiliki ROM dan RAM untuk memproses perintah dari komputer host dan mengatur flash memory untuk menyimpan data. Mirip seperti mikroprosesor sebuah komputer, tapi dengan fungsi lebih spesifik. Kontroler ini juga yang bertugas memberitahu komputer host bahwa device yang tersambung adalah sebuah USB Flash Disk.

5. Flash Memory

5 Komponen Utama USB Flash Disk

5 Komponen Utama USB Flash Disk

Flash memory berfungsi untuk menyimpan data. Pada umumnya menggunakan NAND Flash memory. Istilah Flash Memory muncul dari penciptanya, Dr. Fujio Masuoka karena data di dalam memory tersebut bisa dihapus secepat kilat, seperti lampu blitz dari kamera. Makin banyak proses tulis dan hapus, kemampuan Flash Memory makin lemah. Penemuan teknologi Flash Memory ini yang melahirkan produk USB Flash Disk.

Terima kasih sudah berkunjung di website kami. Semoga bermanfaat. Mohon komentar dan feedback yang positif dari Anda 🙂

Sumber

Incoming search terms: